Langsung ke konten utama

Keperawatan Sebagai Profesi


Perawat (nurse) berasa dari bahasa latin yaitu Nutrix yang berarti merawat atau memelihara. Menurut Elis dan Hartley (1984) pengertian seorang perawat yaitu seseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu dan melindungi seseorang karena sakit, cidera dan proses penuaan.
Perawat menurut ICN (International Councing of nursing) 1965 adalah seseorang yang telah menyelesaika pendidikan keperawatan yang memenuhi syarat serta berwenang di negri bersangkutan untuk memberikan pelayanan keperawatan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan pencegahan penyakit dan pelayanan penderita sakit.  Fungsi unik perawat menurut ICN yaitu melakukan pengkajian pada individu sehat maupun sakit dimana segala aktivitas yang dilakukan berguna untuk kesehatan ataupun pemulihan kesehatan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Pergeseran pemahaman tentang keperawatan, yaitu pekerjaan vocasional secara bertahap sebagai suatu profesional.
Pelayan pelengkap dari pelayanan/asuhan medis, mulai diterima sebagai pelayanan asuhan keperawatan profesional yang mandiri. Pendidikan keperawatan yang merupakan pendidikan vokasional (pendidikan menengah), bergeser ke jenjang pendidikan tinggi. Jenjang pendidikan keperawatan di Indonesia saat ini telah banyak dibuka Sekolah Perawat Kesehatan atau yang setara dengan SMK , namun Sekolah Perawat Kesehatan ini belum di akui oleh pemerintah maupun tenaga kesehatan yang ada di Indonesia. Maka untuk menjadi seorang oerawat tidak cukup hanya dengan jenjang pendidikan SMK saja. Keberadaan perhimpunan perawat bergeser kearah terwujudnya perhimpunan profesi keperawatan Indonesia dengan segala peran, fungsi dan tanggungjawab.
Profesi
Profesi dalam kamus Webster (1980) yaitu, sebuah panggilan yang memerlukan pengetahuan spesialisasi dan sering memerlukan persiapan akademik yang intensif dan lama. Profesional adalah seseorang yang memiliki kompetensi dalam suatu pekerjaan tertentu. Profesionalisme merupakan karakter, spirit atau metode profesional yang mencakup pendidikan dan kegiatan diberbagai kelompok opukasi yang anggotanya berkeinginan untuk menjadi profesional. Menurut Porter (1992) profesionalisme mencakup ide-ide keahlian, otonomi, komitmen dan tanggungjawab yang semuanya melekat secara istimewa dalam paktik profesional.

Ciri-ciri profesi perawat :
1)        Berorientasi pada pelayanan masyarakat
Keperawatan merupakan  suatu pelayanan sosial, kebutuhan masyarakat akan pelayanan keperawatan sangat penting. Klien mempunyai hak menggunakan pelayanan keperawatan sesuai yang ia butuhkan.
2)        Peayanan keperawatan yang di berikan di dasarka pada ilmu pengetahuan
Perawat harus mempunyai ilmu pengetahuan yang kokoh untuk menghadapi klien agar tidak terjadi kesalahan dalam menangani masalah klien. Keperawatan mempunyai badan ilmu yaitu body of knowledge. Body of know ledge dalam wikipedia adalah istilah yang digunakan untuk mewakili set lengkap konsep, istilah dan kegiatan yang membentuk sebuah domain profesional, seperti yang didefinisikan oleh asosiasi profesional yang relevan. Pendidikan keperawatan berlanjut dilandasi falsafah long life education, penelitian keperawatan dan asuhan keperawatan yang dilakukan dengan menggunakan metode pemecahan masalah.
3)        Adananya otonomi
Profesi keperawatan mempunyai kemandirian, wewenang dan tanggung jawab untuk mengatur kehidupan profesi. Otonomi dalam menetapkan standar baku penyelenggaraan pendidikan, pelayanan keperawatan serta praktik keperawatan dalam bentuk legislasi keperawatan.
4)        Memiliki kode etik
Kode etika adalah seperangkat norma dan pengaturan yang diyakini oleh profesi dan menjadi pedoman dan acuan perawat dalam melanjutkan aktivitas keperawatan. Kode etik ini mencakup pemberian asuhan keperawatan, praktik keperawatan, penyelenggaraan pendidikan, dan penelitian dibidang keperawatan.

Keperawatan Sebagai Profesi (Leddy dan Pepper, 1993)
1.         Kelompok pengetahuan yang melandasi keterampilan untuk menyelesaikan masalah dalam tatanan praktik keperawatan
·         keterampilan dan praktik keperawatan sangat dilandasi oleh pengetahuan yang bersifat intuitif.
·         keperawatan disebut sebagai ilmu.
·         keperawatan juga menerapkan ilmu dasar, teori-teori keperawatan.
2.       Kemampuan memberikan pelayanan yang unik kepada masyarakat.
·           Fungsi unik perawat adalah memberikan bantuan kepada seseorang dalam melakukan kegiatan untuk menunjang kesehatan dan penyembuhan serta membantu memandirikannya.
·           Keperawatan sangat peduli pada kondisi manusia, kualitas kehidupan, kualitas asuhan dan cost-effectiveness.
·           Keperawatan juga menekankan pada bagaimana mendukung keterlibatan klien dalam melakukan self-care untuk hidup sehat
3.       Pendidikan yang memenuhi standar dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi / Universitas.
Di Indonesia pendidikan tinggi keperawatan pertama kali didirikan pada tahun 1985 di Universitas Indonesia. Beralihnya pendidikan keperawatan pada institusi pendidikan tinggi memberikan kesempatan kepada perawat untuk mendapatkan keterampilan intelektual, interpersonal dan teknikal yang memungkinkan mereka untuk menjalankan peran dengan lebih terpadu dalam pelayanan kesehatan yang menyeluruh
4.         Pengendalian terhadap standar praktik
·         Standart praktik keperawatan menekankan pada tanggungjawab dan tanggunggugat perawat untuk memenuhi standar yang lebih ditetapkan yang bertujuan melindungi masyarakat maupun perawat.
·         perawat bekerja tidak dibawah pengawasan dan pengendalian profesi lain.
5.         Bertanggung jawab dan bertanggung gugat terhadap tindakan yang dilakukan
·           Tanggung jawab (accaountable) berarti bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan.
·           Tanggung gugat mengandung aspek legal terhadap kelompok sejawat, atasan dan kastemer.
·           Konsep tanggung gugat mempunyai dua implikasi yaitu bertanggung jawab terhadap konsekuensi dari tindakan yang dilakukan dan juga menerima tanggung jawab dengan tidak melakukan pada suatu situasi tertentu.
6.         Karir seumur hidup
·         Karir adalah pekerjaan utama seumur hidup
·         tugas (job) yang merupakan bagian dari pekerjaan rutin.
·         perawat bekerja sebagai tenaga yang penuh dibekali dengan pendidikan dan pelatihan yang lama dan merupakan pilihan sendiri, serta mengacu terutama kepada umpan balik dari teman sejawat.
7.         Fungsi mandiri
·         Mempunyai kewenangan penuh untuk melakukan pelayanan / asuhan keperawatan.
·         Tetap berkolaborasi dengan tenaga professional lainnya.
·         Asuhan keperawatan yang dilakukan berorientasi kepada kebutuhan klien bukan sebagai ekstensi dari intervensi medis / kedokteran 

Proses Profesionalisasi Keperawatan
Profesionalisasi merupakan proses dinamis dimana profesi yang sedang terbentuk mengalami perubahan karakteristik dan meningkat menjadi profesi. Menurut Volmeter dan Mills (1966) profesionalisasi mencerminkan dinamika dan evolusioner sifat-sifat dasar dimana pekerjaan harus memilikinya jika mereka mau mencapai status profesional. Di Indonesia profesionalisasi keperawatan dimulai dengan intensif pada Januari tahun 1983 (Lokakarya pertama). Proses profesionalisasi pada dasarnya adalah proses pengakuan, yaitu pengakuan terhadap sesuatu yang dirasakan, dinilai dan diterima secara spontan oleh masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karya Ilmiah Sederhana "Jus Lidah Buaya Untuk Penyakit Maag"

BAB I PENDAHULUAN   A.     Latar Belakang Obat tradisional kembali populer dipilih sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena disampmg harganya terjangkau, tanpa efek samping juga khasiatnya cukup menjanjikan. Salah satu tanaman obat tersebut adalah aloe vera atau lazim disebut lidah buaya. Sejak berabad-abad yang lampau orang sudah mengenal lidah buaya sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari obat untuk kulit, penyubur rambut, dan pencahar, akan tetapi lidah buaya sebagai obat untuk penyembuhan gastritis atau sering disebut juga dengan sakit maag masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Alasan mengapa lidah buaya dipercaya memiliki peran dalam proses penyembuhan gastritis diantaranya enzim alliase, alkalline phosphatase, amylase, carboxypeptidase, catalase, cellulase, lipase, dan peroxidase yang terkandung dalam gel lidah buaya dapat membanntu proses metabolisme, mengurangi mikroorganisme dalam perut, menetralkan keasaman perut dan da

Makalah IPSG 6 MENGURANGI RESIKO PASIEN CEDERA KARENA JATUH

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang        Tenaga keperawatan merupakan salah satu bagian dari tenaga kesehatan secara umum. Tenaga kesehatan secara umum, terdiri dari: tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga paramedis non-keperawatan dan tenaga non medis. Tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, dari semua katagori, tenaga perawatan merupakan tenaga terbanyak dan waktu kontak lebih lama dengan pasien dibandingkan dengan tenaga kesehatan yang lain, serta berada pada semua setting pelayanan kesehatan sehingga tenaga perawatan mempunyai peranan penting terhadap mutu pelayanan di rumah sakit. Kerja keras perawat tidak dapat mencapai level optimal jika tidak didukung dengan sarana prasarana, manajemen rumah sakit dan tenaga kesehatan lainnya.        Keselamatan ( safety) telah menjadi isu global termasuk juga untuk rumah sakit. Ada lima isu penting yang terkait dengan keselamatan di rumah sakit yaitu keselamatan pasien ( patient safety ) , keselamatan pekerja atau petuga

ASUHAN KEPERAWATAN ANAK KEJANG DEMAM

A.     IDENTITAS 1.       Identitas Klien Nama                                : An. K Alamat                             : Puring 01/07 Umur                                : 19 bulan Suku                                 : Jawa Jenis kelamin                    : Perempuan Agama                              : Islam Tanggal masuk RS           : 3 Januari 2013 Tanggal pengkajian          : 4 Januari 2013 2.       Identitas Penanggung Jawab Nama                                : Tn. N Umur                                : 30 tahun Jenis kelamin                    : Laki - laki Alamat                             : Puring 01/07 Agama                              : Islam Pendidikan                       : SMA Pekerjaan                          : Wiraswasta Hubungan dgn klien        : Orang tua pasien B.     RIWAYAT KEPERAWATAN 1.       Keluhan utama Kejang 2.       Riwayat penyakit sekarang Ibu pasien mengatakan anaknya kejang dan demam sejak 2